29 April 2012

Seleksi Tahap 1 - Pertukaran Pelajar AFS Bina Antar Budaya

Karena lagi jadi observer (a.k.a pengawas) di ujian seleksi pertukaran pelajar Bina Antar Budaya, gue bosen dan akhirnya nulis-nulis di handphone gue... Here goes!

Tes pengetahuan umum dimulai! Gue udah ngga inget lagi soal-soal pengetahun umum nya kaya gimana... Yang pasti, gue ngga ngerasa kalo soal itu super susah ataupun super gampang.


But I do remember soal-soal bahasa Inggrisnya gampang, hehehe :))


Di bagian essay, gue nulis tentang orang-orang yang berjasa dalam hidup gue. Salah satu paragraf ngebahas tentang idola gue, si Pak Indra Lesmana. Heheheheh


Setelah ituuuuuu gue deg-degan liat pengumuman di internet.


Tes tahap 2, diwawancara sama bule dan seorang volunteer (kayanya waktu itu Kak Wendy). Nothing special. Intinya cuma ngobrol doang. But I do remember I was so nervous... :D


Tes tahap 3 itu paling seru. Kerja kelompok. Setelah tesnya selesai, gue pikir gue ga akan lolos, sampe curhat-curhat ke beberapa orang terdekat tentang hasilnya yang sepertinya akan gagal.


Tapi akhirnya, alhamdulillah lolos juga ke tahap Nasional. Hehehe...


Setelah itu udah ngga ada tes lagi. Sisanya adalah seleksi berkas yang alhamdulillah gue lolos juga... Dan ujungnya berangkat deh ke Amerika. Hehehehe.

an applicant: "Kak, ini ngisi tanggalnya pake angka atau pake huruf?" Me: -____-

Waah, udah mulai break! Aduuuh keabisan risol jatah observer~~~~


Ada yang nama sekolahnya "School of Universe" !!!! #barudenger


Tes bahasa Inggris dimulai! Liat-liat soal.... Keliatannya lebih susah nih dari tes jaman gue dulu. Ini bagian reading nya selevel UN SMA Kelas 3 yang baru kemarin ini nih.


Ehhhh baru 45 menit udah banyak aja yang tidur! Perasaan dulu gue ngga sempet tidur-tidur deh.... Hmmm...


Break lagi! Ternyata makan siang bukan Hokben seperti biasanya, hehehehe


Ternyata di ruangan lain ada yang ketauan pake RPUL dan Alfalink! #GosipObserver

Mulai bagian menulis essay!! Seruuu nih!


Gue lagi berusaha inget-inget apa yang dulu gue tulis..... Tapi beneran lupaaaaaaaaaa :(


Pilihan topik tahun ini serius semua... Dulu gue pilih topiknya yang agak nyantai, hehe


Ternyata masih ada yang bingung essay itu apa :( but I must say that I wrote my first essay on this selection test. Gue sebelumnya ngga pernah nulis essay... Gue taunya essay = jawaban uraian di ujian #salahinsistemsekolahyangjarangmenulis


Hahaha ada sepasang anak kembar di ruangan yg gue awasin..... Gue ga kenal ada anak kembar yang dua-duanya berangkat... Atau anak kembar sekalipun! 


Nulis essay in class gini susah banget lagi.... High pressure! Apalagi diliatin kakak-kakak galak macam gue.... Semangat adek-adek!


Wahhhhh ada yang kertas buremnya penuh dengan mind map, ada yang rapih banget, jadi kaya nulis 2x essay, haha. Me? I don't think I wrote on my kertas burem extensively... I remember using it though...


Selesai deh! Pulangnya dapet luggage tag AFS... Lumayan buat berangkat ke Amrik nanti, heheheheh :)

12 comments:

Syifa Sukmahayati Faisal said...

Test interview englishnya susah ga ya? Kalau yg englishnya blm lancar gmana?

Nisa said...

Hi Syifa,
Di selesksi tahap satu tidak ada test Interview. Kalau lolos tes tahap pertama, baru akan masuk ke test tahap ke dua, yaitu interview.
Dan test nya ga ada susah atau gampang kok! Jadi diri sendiri aja :)
Good luck!

Nola Oktavira said...

test pengetahuan umumnya pada susah gak kak ? tentang apa aja? :)

Syifa Sukmahayati Faisal said...

Karena aku ada di daerah yg lumayan terpencil jadi gak percaya diri deh :D kasih tips dong kak harus memperdalam apa? :D makasih :)

Gilang said...

Hai Kak, Aku Gilang dari Subang, Jawa Barat. Salam kenal ya Kak! Kak, utk menlis esai itu gimana sih Kak jelasnya..? Mengarang tentang sesuatu?

M. RIDHWAN said...

Gampang klau ngisi esay, tinggal tulis apa ajh yang ada di pikiran kmu , tapi klau pngen dpet nilai bagus isinya harus beda dari orang lain/istimewa :)


PURWAKARTA

Nabilla said...

sy tinggal di lampung, berarti harus bola-balik Palembang dong?
atau ada seleksi online?
trims.

shafira pertiwi said...

hai kak :) maksud essai nya itu, supaya beda dari yang lain/istimewa, nah itu gimana ya kak kata-katanya -_- bingung

Anonymous said...

Ga ngerti dehh coba jelasin secara intinya ka

Dia Maulidiah said...

kak harus kelas x kah

Anonymous said...

Ka saya nujiya dari banjarmasin ..
nanya dong ka .. ?
Misalkan kita engga terlalu bisa b.inggris .. Mungkin engga kita akan lolos ..

Raras Permatasari said...

jadi observernya seleksinya apa aja ya kalau boleh tau ka?:)